Thursday, March 13, 2014

In Memoriam Papa...

Papa adl anak ke-5 dari 9 bersaudara, jadi Papa punya Kakak 4 dan adik 4, 2 dari Kakak nya telah meninggal dunia saat aq masih kecil...tapi aq masih ingat dengan kedua kejadian itu. Kakak Papa yang meninggal adl anak ke'3 dan ke'4 dan keduanya meninggal karena sakit jantung.

Papa adl seorang Papa yang berbadan subur, papa yang sehat, papa yg energik, papa yang hampir jarang sakit, papa yang tidak pernah mengeluh...sebagai seorang karyawan swasta yg jam kerja nya shifting, papa terkadang masuk pagi, masuk siang ataupun masuk malam, semua shift Papa jalani dengan baik tanpa keluhan apapun, hari libur masuk kerja dan libur di saat hari kerja. Bahkan Papa terkadang tidak merayakan Hari Raya Besar dengan sepenuh hari bersama keluarga.

Papa yang selalu memanjakan ku, yang memanggilku dengan sebutan " Ade " atau " Anak Kecil ". yach..Papa memanggilku  Anak Kecil walaupun aq sudah besar sekalipun...
" Mah..Anak Kecil mana ??? "
" Eh..Anak Kecil lagi belajar..."
" Koq Anak kecil belum bobo ??? "

Saat SMA kami harus pindah rumah ke Tambun, Bekasi. Rumah yang sudah Papa beli semenjak aq SD yang seharusnya sudah kami tempati saat aq SMP, karena da masalah dengan sekolah qu akhirnya kami baru menempati rumah itu tahun 2002 saat aq masuk SMA.

Disana kami hanya bertiga, Mama, Papa, dan aq..Kakak ku tidak berkenan tinggal disana dan memilih untuk tinggal di Kalibata bersama Nenek qu. Perumahan disana jauh..bahkan terlalu jauh dari Jakarta, tu lah alasan yang membuat Aa ga mau tinggal bersama kami.
Jadilah aq seperti anak tunggal, Papa tetap memanggil qu Anak Kecil...karena Papa memang selalu menganggap qu anak kecil. Disaat teman2 sebaya qu dengan bangganya di antar jenput oleh pacarnya, aq labih senang di antar jemput oleh Papa di saat Papa sedang libur kerja.

Dengan jauhnya jarak tempuh antara Tambun dan Kebun Sirih Jakarta, Papa masih bisa sehat, bagi Papa jarak bukan menjadi masalah..yang penting kata Papa qta sudah bisa punya rumah sendiri.
Sampai akhirnya kelas 2 SMA Mama di beri kepercayaan untuk mempunyai anak lagi, saat tu aq shock, Mama dan Papa tau kalau aq ga suka punya ade...tapi Papa tidak pernah mempermasalahkan sikap qu yg berubah, Papa tidak pernah memaksaku untuk menyayangi ade qu, tapi da 1 yg berubah dari Papa..Papa sudah tidak lagi memanggil qu " Ade" atau pun " Anak Kecil ". Untuk pertama kalinya Papa memanggil qu dengan sebutan nama qu, saat tu hati qu terasa sangat sedih..panggilan tu terasa kasar buat qu..aq tidak terbiasa dengan panggilan tu oleh Papa. Sampai akhirnya Papa punya panggilan baru untuk qu yaitu " Teteh "


Papa masih sehat

Sampai pada tahun 2009, Papa merasakan ada yang tidak beres dengan badannya, Papa merasa jadi cepat lelah...akhirnya Papa n Mama berangkat ke Rs untuk melakukan check up. Tanpa di duga dokter menyuruh Papa di rawat, Mama tentu saja panik, karena tidak membawa persiapan apapun, akhirnya Mama pun pulang ke rumah membawa baju2 n ade qu yg di tinggal di rumah untuk ikut menginap di Rs.

Akhirnya dokter pun memvonis Papa da kelainan jantung, kerja jantung Papa sudah tidak maksimal, jantung nya sudah lemas sehingga tidak bisa mempompa darah dengan baik. Saat tu aq seperti tidak percaya kalau ternyata Papa mendapat penyakin turunan jantung juga dari keluarga nya.
Saat tu aq akan menghadapi Tugas Akhir, aq luar biasa galau, di satu sisi aq punya kewajiban untuk menemani Papa, Mama, n ade qu di Rs. Aq sempat berpikiran jelek..aq lom siap kalau harus kehilangan Papa, karena Papa sempat masuk ICU selama 2 minggu, kuliah ku lom selesai, aq lom menikah, aq merasa masih sangat2 butuh Papa...Alhmd Kurleb 1 bulan lebih Papa bisa keluar dari Rs.

Semenjak tu Papa tidak bisa lepas dari obat, setiap hari Papa harus minum obat dengan resep dokter 6 bulan sekali, akhirnya Mama memutuskan untuk pindah ke Jakarta mengingat kondisi Papa, biar jarak kerja Papa tidak terlalu jauh...akhirnya kami sekeluarga kumpul kembali di Jakarta, Papa, Mama, aq, Aa, n ade qu.

Lebaran, Sept 2009 ( badan Papa mulai beranjak kurus )

Des 2009
Alhmd Papa bisa menghadiri Wisuda qu

Selama tinggal di Jakarta kondisi kesehatan Papa naik turun, tapi setidaknya Papap tidak merasa lelah yang berlebihan. Alhamdulillah Papa bisa menghadiri wisuda qu.
Papa memang menjadi kurus n dokter nya pun melarang Papa gemuk kembali, karena akan membuat Papa sesak nantinya.

Lebaran, Sept 2010
badan Papa semakin kurus

Nov 2010
Foto di rumah kontrakan di Jakarta

Agustus 2011

Sampai akhirnya aq akan menghadapi hari besar yaitu pernikahan, menjelang saat2 itu aq selalu berdoa agar Papa di beri kesehatan agar bisa menghadiri hari yang bersejarah untuk qu, Alhmd doa qu terkabul...Papa masih ada di saat hari besar itu.

Des 2011
Badan Papa semakin menyusut

Setelah menikahkan qu, akhirnya Papa, Mama, n ade qu kembali tinggal di Bekasi. Tepatnya setelah tahun baru 2012, Alhmd aq n Papap ikut dalam proses pindah rumah kesana. Saat Feb 2012 aq di nyatakan positif hamil aq hanya bisa memberitahu Mama lewat telepon sampai akhirnya ketika Mama  n Papa ke Jakarta, Papa memeluk qu saat pertama melihat anak nya kembali setelah qta pisah rumah. Saat itu aq sangat merasakan kebahagiaan Papa memeluk ku, anak kesayangan nya....Papa menanyakan aq ngidam apa? dan menasehati qu untuk menjaga kandungan.

Mei 2012 adl hari besar untuk Aa, di hari pernikahan Aa, Papa pun bisa turut hadir dalam kondisi sehat, Alhmd...


Sampai pada saatnya usia kandungan qu 7 bulan, Papa kembali masuk Rs Harapan Kita dan sempat akan menjalani pmasangan kateter jantung. Setiap Papa drop, Papa selalau menenangkan qu dengan bicara
" Dah teh pokoknya tenang ja..Papa ga kenapa2 koq..ga sah di pikirin..doain ja "
Papa selalu berkata itu agar aq tidak kepikiran, agar aq tidak stres yg akan mengakibatkan buruk nya untuk kandungan qu.

Sampai saat2 aq ingin melahirkan Papa hadir di Rs, Papa menemani qu di kamar, Papa menyuruh qu istigfar saat aq merasakan sakit akibat induksi. Dan Papa melihat Bocil saat masih di ruang bersalin untuk di bersihkan. Terimakasih ya pah selalu ada dalam situasi apapun untuk Teteh...

Des 2012
Aqiqah'an Bocil

Semenjak lahirnya Bocil Papa semakin bahagia walaupun kondisi nya semakin hari semakin menyusut. Mama menganjurkan untuk Papa tinggal di rumah qu saja biar Papa ga terlalu cape. Aq n Papap pun menganjurkan itu...tapi tetap saja Papa merasa tidak enak hati untuk tinggal di rumah anak nya. Akhirnya terkadang Papa suka pulang ke rumah qu apabila merasa kondisi badan nya kelelahan sepulang kerja.

Feb 2013

Papa memang bukan Abah yang bisa bebas gendong cucu nya, karena kondisi Papa memang tidak seperti orang sehat pada umumnya walaupun Papa memang dalam keadaan sehat. Tapi Alhmd Papa sempat memangku Bocil seperti itu walaupun setelahnya Papa bilang klo Bocil berat.


Aq n Bocil ( untuk pertama kalinya ) menginap di Bekasi, seperti yang bisa di liat Papa hanya bisa tiduran, yach..saat ada waktu utnutk istirahat,Papa selalu tiduran kalau di rumah, badan Papa selalu terasa lemah n cape, tapi di saat Papa harus berangkat kerja seketika Papa menguatkan diri dan badan nya di perjalanan.

Okt 2013 
Papa kembali masuk Rs di bekasi, aq selalu shock setiap di kabari Mama kalau Papa masuk Rs, aq selalu berpikir buruk...aq selalu khawatir, tapi Alhmd lagi2 Allah masih memberi kesempatan untuk kami bersama2 dengan Papa. Tepat tgl 20 Okt 2013 saat hari Ulang Tahun Bocil Papa keluar dari RS, saat tu pun aq, Papap, n Bocil yang menjemput Papa kesana untuk mengantar kembali ke rumah.

Karena Papa sebentar lagi pensiun, akhirnya lagi2 Mama meminta Papa untuk tinggal di rumah qu, untuk menjaga kondisi Papa agar tidak kecapean. ALhmd kali ini akhirnya Papa mau tinggal di rumah qu. Bulan Nov 2013 Papa mulai tinggal di rumah qu ( Kp.Melayu ). Akses ke tempat kerja Papa pun gampang n ga terlalu jauh, walaupun Papa harus berjalan kaki untuk sampai ke jalan raya.

Papa selalu ga mau klo Papap nawarin buat nganter sampai ke depan jalan raya, Papa selalu bilang biar Papa jalan ja pelan2...
Saat tinggal di rumah qu Papa memang tidak terlalu pagi berangkat kerja seperti waktu tinggal di Bekasi, tapi tetap saja terkadang saat aq bangun pagi Papa dah berangkat kerja. Saat aq pulang kerja biasanya Papa sudah sampai di rumah, kalau aq sudah mengurus Bocil aq baru mengurus Papa untuk makan. Papa harus di layani, karena seperti yg aq bilang saat sampai rumah yang bisa Papa lakukan hanya tiduran, saat makan, sholat, n ke toilet Papa baru beranjak dari tidurnya.

Hari2 kami lewati bersama Papa, aq tau aq tidak maksimal dalam merawat Papa saat Papa tinggal di rumah qu, karena ada Bocil yang harus aq urus juga. Papa tidak pernah mengeluh, Papa tidak pernah meminta sesuatu yang merepotkan, terkadang aq suka memijit kaki Papa tanpa di minta, Bocil pun suka ikutan mijitin Abah nya. Terkadang sesekali Papa meminta qu untuk pijitin, tu pun karena sudah lama aq tidak memijit kaki nya.

Pulang kerja setiap 2 minggu sekali Papa selalu membawa belanjaan untuk Bocil, susu, biskuit ataupun buah untuk cucu pertama nya. Kalau Papa bawa belanjaan pasti Bocil langsung buru2 buka plastik nya trus ambil susu trus langsung dech Abah nya di cium, hehehehe...Bocil tau terimakasih lho tanpa di suruh.
Terkadang klo Abah nya lagi tiduran suka di ciumin juga ma Bocil, iya...Bocil dah akrab ma Abah nya, karena dya mank melihat Abah setiap hari.

Feb 2014
Aq n Papa memang berulang tahun di bulan yang sama, Aq tgl 4 Feb Papa 25 Feb, karena bedanya genap 21 hari jadi setiap qta berulang tahun selalu jatuh di hari yang sama. Di tahun ini ulang tahun kami jatuh di hari Selasa dan tepat pada ulang tahun Papa tahun ini adl hari pensiun nya. Setelah berjuang bekerja selama bertahun - tahun akhirnya Papa bisa beristirahat juga, besar harapan ku kalau kondisi Papa akan semakin membaik kalau Papa sudah ga kerja lagi.

18 - 19 Feb 2014
Aq n Bocil ke Bekasi untuk menenangkan diri, karena saat tu aq sedang ada masalah dengan Papap, untung nya pada tgl 19 Feb Papa ga masuk kerja sehingga aq bisa menghabisakan waktu bersama Papa. Saat Papap menjemput qu kami sempat di nasehati oleh Papa mengenai masalah yang sedang kami hadapi.

Dan saat itu aq sempat tidur di paha Papa, memeluk kakinya sambil menangis terisak, aq sempat di peluk dan cium Papa. Dan kalimat terkahir yang keluar dari mulut Papa saat itu adalah :
" Sabar ya teh..."

# ini adalah hari terakhir aq bertemu Papa

19 - 23  Feb 2014
Papa ga masuk kerja, kondisi Papa ga sehat, Papa ga kuat untuk berangkat, sampai akhirnya tgl 24 Feb 2014 Papa menguatkan diri untuk kerja karena ingin mengurus clearence, aq sempat menghubungi Papa menyuruh nya untuk pulang ke rumah qu saja, karena tgl 25 Feb adl hari terakhir Papa kerja. Sebenarnya aq juga sudah punya niat untuk memberikan kejutan di hari Ulang Tahun Papa.

Ternyata Papa tetap pulang ke Bekasi, karena Papa bilang klo hari itu adl hari terakhir Papa kerja, tapi Papa lom selesai mengurus clearence. 

25 Feb 2014 
Ini adl hari ulang tahun Papa, walaupun aq tidak bisa bertemu Papa,aq mengirim gambar...

seraya memberi ucapan seperti ini :
Selamat Ulang Tahun Pah..
Semoga cepat sehat...
Semoga selalu dalam perlindungan Allah SWT
We love you...

dan Papa pun membalas : " Terimakasih...Amin..."

26 Feb 2014
Papa sempat menelepon qu untuk menanyakan apakah di Jakarta hujan atau tidak? Papa bilang Papa mau ke kantor tapi hujan terus...aq pun menyarankan untuk kesana lain hari ja saat hari sedang tidak hujan

27 Feb 2014
Mama mengabarkan kalau Mama sedang menemani Papa ke kantor untuk mengurus clearence dan mengambil dana pensiun Papa, aq sempat menawarkan untuk pulang ke rumah qu saja dan menginap, namun karena berhubung ade qu tidak ikut maka Mama dan Papa pun tidak mampir ke rumah qu

# 2 kali aq meminta Papa untuk pulang ke rumah qu ternyata tidak bisa di penuhi Papa, yach...berarti pertemuan qu dengan Papa memang cukup sampai tgl 19 Feb saja

Papa sudah pergi tepat setelah 10 hari setelah ulang tahun nya...
Papa sudah pergi tepat setelah 11 hari setelah hari terakhirnya kerja...


Papa adl orang yang sangat bijaksana, lemah lembut, tidak pernah mendidik qu dengan kekerasan
Papa adl orangtua yang memanjakan anaknya tapi tidak membuat qu menjadi anak yang kurang ajar dan tetap menghormati orangtua
Papa selalu membebaskan qu melakukan hal apapun karena Papa percaya aq
Papa adl seorang suami dan Papa yang nyaris sempurna untuk kami

Mungkin aq dan Aa lebih beruntung dari ade qu, Papa masih sempat menghadiri pernikahan kami, Papa masih sempat melihat anak2 kami yaitu cucu nya...walaupun Papa hanya bisa melihat 3 cucu laki - laki, lom mendapatkan cucu perempuan...
Sedangkan ade qu...???
Tidak ada lagi sosok Papa yang akan mendampingi nya saat dya beranjak remaja n dewasa...
Tidak ada lagi sosok Papa yang mendampingi nya saat pernikahan...
Tidak ada lagi sosok Papa yang dapat melihat cucu dari anak terakhirnya...

Tapi Papa yang tenang yach disana...ade masih da Mama, Teteh, dan Aa
kami semua akan saling menjaga Pah...jadi Papa ga sah khawatir...
Walaupun qta sudah terpisah secara jasmani, namun sosok Papa akan selalu ada di hati kami
Sampai kapan pun kami akan selalu ingat n mendoakan Papa disana
kami sayang Papa...tapi Allah lebih sayang Papa...
Kami yakin Papa sudah bahagia berada dekat Allah...

Ya Allah...ampunilah segala dosa - dosa Papa
Terimalah segala amal kebaikan yang telah Papa perbuat selama di dunia
Lapangkanlah kuburnya...
Terangilah kuburnya...
Ringankanlah siksa kuburnya...
Jauhkanlah Papa dari siksa api neraka...
Berilah tempat terbaik untuk Papa...
Amin..Amin..Ya Robbal Alamin...

We Love You Pah...









No comments:

Post a Comment